Selamat Datang di Dunia Online


Dua hari berturut-turut saya menerima kiriman barang dari salah satu Marketplace, bukan pesanan saya, tapi pesanan asisten rumah tangga. Yup, sekarang art pun sudah mulai belanja online. Tak bisa dihindari lagi dengan murahnya hp Android, semua kalangan bisa merasakan dunia online.

Beberapa Marketplace memberikan kemudahan pembayaran di POS, Indomaret dan Alfamart menggantikan fungsi bank. Tidak heran Indomaret dan Alfamart buka dimana-mana. Buat yang punya modal dan tidak mau pusing tinggal beli franchise mereka.. hehehe. 

Rata-rata Asisten Rumah Tangga yang baru bekerja, saat menerima gajian, hal pertama yang mereka beli adalah HP Android. Uang gaji habis selain buat kirim ke kampung, tabungan, rokok, jajan juga untuk beli kuota internet. Mereka main facebook dan nonton Youtube.

Apakah mereka market potensial? Bisa jadi untuk produk tertentu. Tinggal kejelian kita mau membidik kelas yang mana, bawah, menengah atau atas. Intinya kita tidak bisa membendung percepatan teknologi, harus siap mengikuti jaman atau ketinggalan.

Intinya masyarakat dengan tingkat pendidikan rendah saja sudah menikmati dunia online, bagaimana dengan yang memiliki tingkat pendidikan lebih tinggi? Pastinya kurang lebih memiliki kecenderungan yang sama.

Satu hal yang pasti dalam hidup adalah PERUBAHAN. Perubahan gaya hidup, perubahan teknologi, perubahan pola berpikir, perubahan perilaku, perubahan jaman. Siapkah Anda untuk berubah mengikuti jaman? Selamat datang di dunia online.


rms, Cileungsi, 10 Januari 2018


Photo by João Silas on Unsplash

  • Rabu, 10 Januari 2018

Artikel Terkait

Mengapa Harus Bisnis Online
Mengapa Harus Bisnis Online
3 Alasan Mengapa 90 Persen Pebisnis Online Gagal
3 Alasan Mengapa 90 Persen Pebisnis Online Gagal
Toko Online atau Marketplace
Toko Online atau Marketplace
9 Tips Menghilangkan Kejenuhan di Bisnis Online
9 Tips Menghilangkan Kejenuhan di Bisnis Online

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar